Cara Mengantisipasi Komputer Yang Lambat Atau Lelet



Cara Paling Ampuh Mengantisipasi Komputer Yang Lambat Atau Lelet





Apa kabar teman-teman sekalian, di artikel berikut ini saya akan memberitahukan bagaimana cara merawat computer atau PC (personal Computer) anda dengan baik dan benar.

Pernahkah anda merasakan PC anda terasa melamban atau lelet..?,  Itu gejala yang biasa terjadi pada sebuah PC.

 Ada 2 hal yang menyebabkan kinerja PC tidak sejalan saat baru dibeli atau dirakit.


1.     PC anda terinfeksi virus

Animasi Virus
Virus dapat menyebabkan sebuah PC melambat atau error, dan bahkan berhenti beroperasi pada saat anda perintah. dan ada juga PC yang tiba-tiba restart sendiri, atau bahkan ada yang shutdown tanpa permisi.
Untuk membuang virus itu gampang saja, pasti anda memakai antivirus! Tapi masalahnya, banyak orang yang jarang mengupdate antivirusnya. Banyak kasus seperti banyak para user yang sudah merasa aman ketika melihat di komputer barunya sudah terinstal antivirus, seperti misalnya McAffee, Norton, Windows Defender, dll. Mereka sama sekali tak tahu kalau antivirus itu perlu diupdate agar bisa menendang virus dari komputernya.

Ibaratnya seorang dokter, antivirus yang tak pernah diupdate adalah seperti dokter yang tak punya obat. Bagaimana dokter bisa membantu penyembuhan pasien jika tak punya obat.

2. PC anda kurang perhatian

 Banyak para user yang cenderung kurang perhatian dan bahkan cuek terhadap PCnya,  Ini penyebab kedua. PC anda juga butuh perhatian. Ia bukan sekedar alat yang bisa anda ekspoatasi untuk bekerja, online, atau gaming. PC juga perlu diberi perawatan, Merawat komputer itu adalah pekerjaan yang lumayan serius namun harus tetap dinikmati.

Berikut adalah cara Perawatan standar yang mesti dilakukan terhadap PC anda: 

Antivirus
Anti Virus
Apapun software antivirus anda, yang penting adalah update! Jangan terlalu fanatik dengan salah satu merk antivirus. Sebab setiap produk pasti punya karakteristik. Bahasa lainnya yaitu, setiap antivirus punya kelemahan dan kelebihan Seperti.

Dan Ada yang mengatakan, kalau  jangan menginstal 2 atau lebih antivirus dalam satu komputer. Seperti yang saya baca di sebuah artikel komputer. Ada salah satu pertanyaan yaitu.

Sebenarnya boleh tidak menginstal 2 antivirus dalam 1 komputer?, Jawabannya tergantung antivirus apa yang dipakai. Memang ada dua antivirus yang tidak saling mendukung dalam sebuah PC. Dan Kadang ada juga satu antivirus yang memang tidak kompatibel dengan antivirus lainnya. Hal ini membuatnya tak bisa saling bekerja sama. Untuk antivirus yang seperti ini, anda memang mesti pilih salah satu. 

Menginstal 2 antivirus bisa saja menyebabkan kerja komputer jadi lelet. Ini terjadi karena kedua antivirus tersebut sama-sama rakus dalam memakan memori. Untuk jenis antivirus yang rakus dengan source komputer anda, lebih baik anda memilih salah satu di antaranya,
Jadi, untuk menginstal 2 antivirus dalam satu komputer, sebenarnya ga masalah kalau anti virus tersebut memang bisa saling bekerja sama, saling melengkapi, dan cocok.

Firewall
Firewall
            Jika komputer anda online, antivirus saja tak cukup buat jaga-jaga. Anda perlu program firewall yang bertugas untuk memonitor traffic online anda. Jika ada software aktif maupun yang mau menelusup, biasanya firewall mengetahuinya dan menginformasikan agar anda melakukan eksekusi : ijinkan atau batalkan. 

Ada banyak firewall di dunia ini. Terserah anda mau pakai yang mana. Ada steganos, ada zona alarm, dan banyak deh. Searching aja di google atau yahoo!. Tinggal anda pilih, mana yang sesuai dengan spesifikasi komputer yang anda punya.
 

Antispyware
Antispyware
Ini program yang cukup membantu untuk melacak hijacker yang menelusup dalam komputer anda. Biasanya jika ia menemukannya, langsung dibuang. Spyware-spyware yang menyusup ke kompie anda adalah salah satu penyebab leletnya komputer anda berpikir untuk bekerja. Untuk software antispyware, anda bisa memakai Antispyware, Ashampoo, Ad-aware, dan banyak lagi jenisnya juga.

Defragmentation
Defragmentation
ini merupakan pekerjaan perawatan yang membosankan. Tapi kalau anda menemukan sebuah software yang dibuat khusus untuk melakukan defragmentasi secara otomatis dan tidak mengganggu pekerjaan anda, maka pasti anda pakai. Enak sekali kalau aktivitas berkomputer kita tak terhambat padahal proses defrag sedang berjalan. Salah satu software yang saya rekomendasikan adalah O&O defragmentation. Cari, install, dan rasakan kecepatan dan keleluasaan dalam mendefrag kompie! Enaknya lagi, selain bisa bekerja di background, O&O Defrag bisa mendefrag 3 partisi sekali jalan.

Pengelola Registry
 
Registry
       Setiap program yang anda install, entah itu full version, shareware, freeware, akan mendaftarkan dirinya dalam sebuah entry registry di operating system. Namun kadang ketika anda menguninstall, registry dari program tersebut masih terlisting dalam system registry. Begitu pula denga temporary file. Setiap dipakai, komputer pasti membuat temporary file agar komputer bisa bekerja dengan lebih cepat. 

Namun jarang sekali orang yang menyadari kalau temp file yang bertumpuk juga bisa menyebabkan komputer melambat kinerjanya. Untuk masalah ini, anda butuh software pengelola registry. Banyak bertebaran software gratisan yang berfungsi seperti ini, misalnya Ccleaner, RegistryCleaner, atau JV16Powertools. Yang terakhir ini adalah yang paling sering saya pakai. Versi terakhir adalah JV16PowerTools 2005 yang sudah pakai bahasa indonesia.


          Sekian artikel Mengantisipasi computer yang lambat atau lelet, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian, Terimakasih
0 Komentar untuk "Cara Mengantisipasi Komputer Yang Lambat Atau Lelet "

Back To Top